Jumat, 22 Juni 2012

Matematika IPS

Salah satu alasan yang dipilih siswa ketika memilih jurusan IPS adalah menghindari mata pelajaran matematika, fisika, kimia, dan biologi (MIPA). Dan ternyata alasan ini keliru, sebab dari ke empat mata pelajaran tersebut matematika menjadi pilihan pahit yang harus mereka terima.

Matematika IPS sebenarnya jauh lebih sederhana dari Matematika untuk anak IPA, selain komposisi materi yang jauh lebih sedikit kedalaman materi untuk Matematika IPS juga terbilang lebih mudah. Hanya siswa IPS justru dibenturkan untuk memahami kesederhaan Matematika IPS ketika mereka ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri atau dikenal dengan SNMPTN.

Pada soal SNMPTN atau soal Ujian masuk perguruan tinggi yang lain soal matematika yang dikeluarkan merupakan soal Matematika Dasar yang menuntut anak IPS untuk menguasai matematika seperti anak IPA. Terdengar tidak adil memang oleh sebab itu meskipun komposisi atau kedalaman materi Matematika IPS jauh lebih sederhana tantangan untuk menguasainya seperti anak IPA tetap harus dilakukan, kecuali kalau anda berniat untuk tidak mengikuti SNMPTN ^_^ .

1 komentar:

  1. saya bersyukur dengan keberadaan blog ni. menguasai matematika IPS akan menjadi modal menembus SNMPTN walau tu masih sebagian...dari pd tdk sama sekali...
    minta bantuannya di pos kan soal UN 2010,2011,2012
    karena selama in yang ada cukup sampe 2009..
    terima kasih

    BalasHapus